Ayam Lepaas!

Tenang, itu bukan seruan tetangga yang ayam peliharaannya lepas, tapi nama sebuah warung makan. Awalnya saya melihat plang nama warung makan ini di kawasan Bintaro Jaya, Tangerang. Beberapa bulan kemudian, persisnya sebulan yang lalu, saya melihat plang namanya di Jl. Soekarno-Hatta, Bandung. Dekat dengan perempatan Jl. Buah Batu. Langsung deh saya cicipin…. :P

Menu yang ditawarkan sebenarnya sangat sederhana: ayam goreng, burung dara, dan lele. Dilengkapi dengan sambal yang pedas dan lalapan. Masakan lain yang bisa dipilih juga umum banget: tumis kangkung, tumis bunga kol, tumis tauge, tahu, dan tempe. Nah, sederhana banget, kan?

Ayamnya guede, ngenyangin :P

Tapi menurut saya rasa ayam gorengnya enak. Dibalut tipis dengan tepung berbumbu yang gurih, daging ayamnya juga tebal dan berukuran cukup besar. Sambalnya pun pedas! Itu sebabnya disebut “ayam lepas” alias “ayam lezat pedas”. Dengan harga paket Rp 16 ribu saja kita sudah mendapat seporsi nasi plus ayam goreng beserta lalapan. Harga tumis-tumisnya pun cuma Rp 10 ribu per porsi dan rasanya pun cukup oke. Selain ayam lepas, ada pula paket “ayam lemas” alias “lezat manis”, tapi yang rada nggak enak didengar sih menu “burung lepaas” alias “burung lezat manis”…hehehe! :)

Ini dia paket ayam lepas plus tumis kangkungnya :)

Rumah makan ini juga luas. Tempat makannya bisa dipilih, mau di meja atau di area lesehan. Tempat parkir luas dan ada mushola yang bersih juga. Saya sendiri sudah dua kali makan di sini. Pertama datang memang masih agak sepi, karena baru beberapa hari buka. Tapi saat datang untuk kedua kali, tempat ini sudah mulai ramai karena mungkin orang-orang sudah mulai kenal dengan tempat ini, walau andalannya cuma ayam goreng gurih dan sambal yang pedas.

Kalau tak salah, restoran asal Aceh ini sudah punya puluhan gerai yang tersebar di beberapa kota seperti Jakarta, Tangerang, Bekasi, Bogor, Malang, Surabaya, Medan, Palembang, dan Banda Aceh. Konon, Ayam Lepas tahun ini juga akan membuka 50 gerai lagi di Jabodetabek, Bandung, dan Yogyakarta.

Area lesehan.

Sebenarnya kalau rumah makan ini punya andalan lain, bebek atau iga bakar misalnya, mungkin akan lebih asyik lagi. Tapi tak ada salahnya mencoba makan di tempat ini. Cocok kok buat makan beramai-ramai dengan teman-teman atau keluarga. Di Bandung, selain punya cabang di Jl. Soekarno Hatta ini, ada satu cabang lagi di Jl. Moh. Toha.

Menunya.

8 Comments

Filed under Wisata Kuliner

8 responses to “Ayam Lepaas!

  1. Waktu itu pernah coba… emang enakkkk, harganya juga bersahabat…

  2. tetangga saya itu..dan saya belum kesana T.T

  3. rinny

    Minta alamat sama kontak yg di soekarno hatta dong..

  4. Recommend! Meluncur ah nanti :D

  5. Kemarin lihat di Rancaekek, tapi aku baru sebatas mengamati huruf logonya itu yang mirip produk mi instan:)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s