Sop Konro Marannu

Tampak depan rumah makan Sop Konro Marannu

Ini salah satu tempat makan favorit saya di kawasan Jl. Riau (alias Martadinata), Bandung. Persisnya hanya beberapa puluh meter dari Taman Pramuka yang dikelilingi resto-resto enak itu.🙂 Dulu awalnya sih saya cuma iseng mampir, penasaran karena sepertinya kalau lewat tempat ini jarang tampak sepi.

Rumah makan khas Makassar cabang dari Kelapa Gading ini menyuguhkan berbagai menu khas seperti coto Makassar, sop konro, konro (iga) bakar, es pisang ijo, atau es pallu butung, maupun menu yang jamak ditemui seperti nasi goreng. Cuma mie tik-tik yang belum saya coba (dan entah apa itu). Untuk minumannya standar saja: teh botol, es jeruk, dan soft drink. Saya sudah beberapa kali menyambangi Marannu dan sudah mencicipi sebagian besar menu yang disediakan di sini. Dan semuanya enak!🙂

Konro bakar bersalut bumbu pedas yang nikmat🙂

Waktu pertama pesan konro bakar, saya langsung terpesona melihat ukuran daging yang lumayan besar. Tapi memang menu di sini rata-rata berporsi besar. Cocok sekali buat saya🙂 Kalau pesan konro bakar, kita juga akan disediakan semangkuk kuah coto. Jadi kita bisa ganti-ganti cara makan konronya: dengan bumbu pedas atau sesekali dengan kuah penuh rempah yang lezat. Untuk teman si konro bakar, sop konro, atau coto, kita bisa pilih pakai nasi atau buras (mirip lontong, hanya saja memasaknya menggunakan santan).

Melengkapi sop dan coto, tersedia dua jenis sambal yang sangat pedas. Kedua sambal ini dibedakan dengan teksturnya, salah satunya halus dan cocok untuk teman bersantap Coto Makasar. Sementara sambal dengan tekstur yang kasar lebih cocok untuk sajian sop atau iga bakar. Makanan dengan bumbu dan rempah berlimpah model begini rasanya begitu pas buat menghangatkan tenggorokan. Waktu saya lagi pilek dan makan coto Makassar dan sop konro, tenggorokan langsung terasa hangat dan rasa-rasanya kok pilek saya cepat sembuh🙂

Makan di sini jangan jaim pake pisau & garpu...patahkan iganya dengan tangan!😛

Konro bakar plus nasi dan kuah rempah. Sluurp😛

Untuk makanan yang lebih ringan dan manis, di sini ada es pisang ijo dan palu butung. Keduanya sama-sama menggunakan pisang. Bedanya, es pisang ijo menggunakan pisang raja, sementara palu butung menggunakan pisang gepok. Keduanya dipadukan dengan bumbu sumsum dengan rasa yang menunjukkan cita rasa Makasar. Ditumpuk dengan es serut. Rasanya manis dan segar. Dan porsinya itu bisa buat dua orang, lho.🙂

Ini dia es pisang ijonya. Seger banget!😛

Bagaimana dengan harganya? Menurut saya sih lumayan mahal. Konro bakar dan sop konro dihargai Rp 37 ribu, nasi gorengnya 25 ribu, palu butung dan pisang ijo 14 ribu, sementara nasi putihnya 5 ribu. Yang agak menyebalkan, mereka tidak mencantumkan harga makanan dan minuman di daftar menu. Dan mereka hanya menerima uang tunai. Jadi, untuk makan berdua di sini, paling tidak bawa duit Rp 100 ribu, deh. Secara keseluruhan, tempat ini oke punya. Kalau lagi agak banyak duit, saya pasti selalu balik ke sini.🙂

Daftar menu...sayang gak mencantumkan harga.

Ajakanji cappo! (bahasa Makasar untuk “selamat makan”)😛

6 thoughts on “Sop Konro Marannu

  1. tya yogya

    eh indra…..100 ribu kalo buat makan orang 2 mahal juga ya….harus pas gajian tuh…hehehhe…minta info tempat makan yg murah meriah dong ndra di bandung…yg gak jauh dr jalan riau, krn aku tgl 11 feb ke bandung n nginep di jl riau no 120….kalo nasi timbel yg enak dimana ya ndra? trus kalo sarapan dimana yg kyk UGM nya sini?

    Reply
  2. tya yogya

    om indra…pas banget nih…tgl 11 feb gue mau ke bandung…tempat ini kalo dari hotel gandapura berapa jauh Om? aku nginep di hotel gandapura, jl riau no 120…..kasi info2 tempat makan laennya yg enak n maknyus tp gak nguras kantong yaa…😛 ..

    Reply
    1. Indradya SP Post author

      Wah Tya, kalo nginep di Gandapura sih enak, banyak makanan enak deket situ. Kontak2 aja ntar, aku ajakin deh asal ditraktir…haha🙂

      Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s