Mie Jogja Pak Karso & Ayam Penyet Surabaya

Saya sudah kenal warung makan ini sejak lokasinya masih ada di dekat rumah kontrakan saya dulu di Jl. Buah Batu, Bandung. Sekarang lokasinya sudah menjadi restoran Laboga. Memang, sih, Ayam Penyet Surabaya masih ada di Laboga, tapi rasa masakannya sedikit berbeda. Cabang yang dulunya di Buah Batu sudah pindah ke Jl. ABC, Banceuy, sejak beberapa tahun lalu.

Saya sudah mencoba hampir semua menu di sini. Menu andalannya terdiri dari nasi goreng, mie goreng, mie godhog, ayam dan bebek penyet. Tidak seperti mie goreng Jogja Bengawan yang ada di kawasan Jl. Riau, dekat Taman Pramuka, di sini kokinya tidak menggunakan arang saat memasak. Tapi rasanya tetap sedap, kok. Nasi dan mie gorengnya gurih, suwiran daging ayam kampung dan baksonya pas, ditambah dengan taburan bawang goreng, kol, dan potongan cabe rawit (Sunda: cengek) yang bikin aksi makan jadi makin yahud dan hot.

Kalau Anda pesan ayam/bebek penyet, cobain deh sambelnya. Enak banget! Pedasnya lumayan nendang dan bisa bikin berkeringat. Kalau Anda tidak terlalu suka atau tidak biasa makan pedas, mungkin akan menjerit seperti vokalis Edane saat berteriak “Eddaaaaaaannn!!”, seperti bisa dilihat di video klip ini pada menit 2:21. Lumayan buat anget-anget kalau Bandung lagi dingin (sekali lagi: kalau).🙂

Ayam penyet, mie goreng, dan tempe penyet.

Waktu ada teman saya dari Ukraina main ke Bandung tahun lalu, saya ajak juga ke tempat ini dan…makannya lahap banget! “Spageti bumbu Asia,” katanya saat makan sepiring mie goreng.🙂

Bule gembul😛

Harga makanannya nggak mahal. Nasi goreng, mie goreng, mie godhog, dan bihun goreng dibandrol dengan harga Rp 17 ribu. Kalau pakai daging bebek tambah seribu. Pakai daging sapi, tambah seribu lagi. Ayam penyet dan bebek penyet harganya cuma Rp 21 ribu. Untuk minum, tersedia aneka soft drink dan jus buah. Cobain sendiri, deh!🙂

Ini buku menunya.

Info nggak penting: kadang saya mikir kenapa ya logo Mie Jogja Pak Karso, Ayam Penyet Surabaya, Mie Ayam Jamur Medan, dsb kok mirip (lihat foto paling atas). Ternyata ini ada hubungannya dengan resto Ayam Bakar Wong Solo (ABWS) yang pernah ngetop beberapa tahun lalu. Katanya sih, sejak Puspo Wardoyo, sang pemilik, mempromosikan (dan mempraktikkan) poligami, restonya mulai ditinggalkan pengunjung dan nyaris bangkrut. Jaringan resto ABWS pun bermetamorfosis menjadi banyak merek, di antaranya ya Mie Jogja Pak Karso, Ayam Penyet Surabaya, dan Mie Ayam Jamur Medan inilah (yang terakhir ini ada di Laboga dan beberapa foodcourt di mal-mal). Dan, kalau Anda tahu Iga Bakar Mas Giri, itu juga resto dari jaringan ini. Hmm, pantesan logo dan latar warnanya mirip-mirip, ya?😛

10 thoughts on “Mie Jogja Pak Karso & Ayam Penyet Surabaya

  1. Aulia Ritonga

    lucunya semua merk tadi mulainya di Medan yaa..hahaha
    dan ayam bakar wong solo rintisan pertama si empunya yg berada tak jauh dari bandara polonia medan pun kini semakin luas aja arealnya.

    Reply
  2. revan nelwin

    hai nama saya Revan Nelwin, murid dari seklah Cikal amri. Saya ingin meminta izin untuk mengambil foto dari blog anda untuk dimasukan ke dalam buku project saya, terima kasih.

    Reply
  3. edi supranoto

    ini tempat makan yg pas banget sama lidah gw…, waktu itu pas tugas kantor nginep di Savoy, malem2 cari makan susah banget mana hujan rintik2 dingin.., tapi nekat juga jalan kaki telusurin jalan ( rame2 sm temen tugas jg) gak berasa , eh tau2 udah ada di jalan ABC terusan Banceuy, pas banget ada Mie rebus dengan branding Bakmi Jogja Pak Karso, langsung gw coba.. hm gak disangka Nikmat banget…anget2 makan mie rebus nya plus tahu pong sambel kecap mantabs bgts.. ini temuan kuliner yg gw gak duga, patut anda coba..

    Reply
  4. tya yogya

    wah….ini punya nya pak puspo juga? jadi males nyoba….:P ….kasi info laen yg ownernya gak poligami ya Om..ntr aku mau nyoba deh kalo pas di bandung …ehehehe

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s