Kuma Ramen

Jumat (27/1) lalu, geng KPK (Komunitas Pencinta Kuliner) di kantor saya kasak-kusuk pengen wisata kuliner lagi. Setelah absen 2 bulan, wajarlah kalau kami pengen makan-makan lagi. Kali ini, atas usul Dini, kami makan di Kuma Ramen, sebuah tempat yang menyediakan ramen maupun udon Jepang. Tongkrongan yang disediakan bagi penggemar kuliner Jepang ini berlokasi di Jl. Cimanuk 11 H, Bandung, persis di sebelah Hotel Vio, dan buka setiap pukul 17.00 – 23.00 WIB.

Katanya, sih, jam buka Kuma Ramen disesuaikan dengan warung-warung Ramen dari negara asalnya, yang memang hanya bisa ditemukan pada malam hari. Ramen adalah makanan panas berkuah dan pedas yang memang cocok disantap pada malam hari. Ada tiga menu utama yang ditawarkan Kuma Ramen, yakni ramen, udon, dan donburi.

Ngintip dapur Kuma Ramen😛

Mang Ramen sedang beraksi...

Ramen disajikan dalam mangkuk putih dengan kuah miso yang gurih dan ramai dengan aneka topping, seperti tamago, irisan wortel, dan daun bawang. Ramennya yang kecil panjang bertekstur lentur dan kenyal. Menu lainnya di sini adalah niku udon. Semangkuk udon yang mengepul panas disajikan dengan kuah kecokelatan dan taburan topping berupa irisan daging sapi lembut, daun bawang, dan irisan wortel segar. Perbedaan ramen dan udon terletak pada jenis mie dan kaldunya. Bentuk mie ramen lebih tipis, berbeda dengan udon yang lebih tebal. Sementara kuah ramen rasanya lebih gurih dibandingkan udon yang memiliki cita rasa asin.

Bagi penggemar kuliner Jepang rasa pedas, Kuma Ramen menyediakan tingkat kepedasan sesuai selera. Jadi, jangan tanggung-tanggung untuk menambahkan sensasi sambal pedasnya dalam menu ramen. Mulai level 1 dengan pedasnya yang cukup, level 2-5 kadar pedas biasa, dan 6 ke atas untuk penggila pedas.

Saya sendiri pesan level 5, Mb. Windu level 10, dan Mb. Dhias o (!), sementara yang lain bervariasi dari 1-5. Kata pelayannya, pernah ada anak SMA yang tembus level 170 (!). Ah, masa sih? Asal jangan salah pilih level pedasnya, seperti cewek yang satu ini:

"Markimak! Mari kita makan, masbro!"

"Hwaaaah!! Puedeeezz! Bibirku jontor nih!!!"

Soal harga, makanan di sini tidak terlalu menguras kantong. Cukup mengeluarkan Rp 20 ribu – 25 ribu, Anda sudah bisa dapat makan dan minuman. Pilihan minumannnya sendiri tidak terlalu istimewa. Selain soft drink botolan, ada cangjo (kacang ijo) dalam kemasan dan ocha (teh hijau) yang menurut Prisca, “Kayak teh tawar biasa.”

Ini udon, mienya tebal.

Ini ramen, mienya tipis.

Buku menu Kuma Ramen.

Inilah komentar sebagian anggota KPK, skala 1-10, soal ramen di tempat ini:

Eka: saya kasi bintang 7 deh..enak tp asa blm terlalu maknyuss gitu xD

Prisca: Saya kasih 7,5 deh buat ramennya.

Dyah: ***** (bintang 5) karena pedasnya cuma di awalnya doang, ke sananya biasa aja. mienya jg biasa aja.

Mb. Windu: bintang 7 dah, memang rasanya biasa-biasa ya, maksudnya dikit bumbu, padahal aku dah kasih sambal level 10 tapi kyknya masih ada yang kurang gereget gituh…

Ari: saya kasih 6,5. kuahnya lumayan enak. tp ramen nya asa kurang nonjoks. pedesnya jg agak sdikit labil :))

Pupu: bintang 7, pedesnya ga bikin perut panas *ya iyalah cuman level 1 doang,,,:D

Dini: aku bintang 8 suka udon sama beef nya enyak…ps bgt hot dikasih ocha anget..

Mb. Dhias: bintang 5…yg kusuka malah Cangjonya….

Saya: kasih skor 6 deh. Pedasnya sih bolehlah, tapi bumbu2nya kok kurang nendang ya? Rasanya agak nanggung, gitu. Mungkin kalo ditambah bakso atau ayam kyk mie ayam gitu asik kali😛

6 thoughts on “Kuma Ramen

  1. Lita Julita

    hwaaa… cimanuk daerah jajahanku semasa kuliah di lpkia tuwh… abis dari situ enaknya lanjut ke nasi timbel citarum… baru deh nendang ampe ngejengkang…😀

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s