Tips Internship untuk AIESECer

Tulisan ini pernah dimuat di blog lama saya di Blogspot, tapi berhubung saya nggak bisa konsen ngurusin dua blog, maka saya pindahkan ke WordPress ini. Rencananya juga saya akan menghapus akun saya di Blogspot itu dan mengamankan semua tulisan lain yang dimuat di sana. Beberapa hal mungkin sudah kedaluwarsa, jadi untuk lebih jelasnya harus tetap mengontak AIESEC, karena pengalaman internship saya dengan AIESEC sudah lama, yaitu tahun 2008.

Banyak orang, khususnya anggota AIESEC, yang bertanya kepada saya bagaimana mempersiapkan internship (magang kerja) ke luar negeri sebagai bagian dari program pertukaran (exchange program) di AIESEC. Daripada saya harus menjawab pertanyaan-pertanyaan itu satu per satu, lebih baik saya menulis satu artikel khusus mengenai hal ini di blog JOS.

Buat para calon trainee AIESEC (atau sekarang istilahnya EP—Exchange Participant, dulu namanya SN—Student Nominee), tentunya paham bahwa setelah lolos dari berbagai macam tes, nama dan CV kita akan masuk ke dalam satu daftar (list). Di dalam daftar itu, kita berhak memilih dan dipilih. Kita berhak memilih TN Taker di seluruh dunia dan begitu juga sebaliknya. Jika kita sudah sampai pada tahap ini, berbahagialah karena kita termasuk orang-orang terpilih. Dan kalau banyak tawaran datang ke kita, artinya CV kita memang keren punya. Kalau banyak tawaran datang, kita jadi leluasa memilih. Berikutnya, semua adalah masalah manajemen (pengelolaan), entah itu manajemen waktu, dana, persiapan kerja, dan sebagainya.

Berikut ini beberapa tips dari saya sebelum berangkat internship:

1. Pastikan diri kita untuk memilih TN Taker yang segala deskripsinya sesuai dengan kemampuan kita dan akomodasinya mencukupi. Artinya, jangan asal pilih. Kalau negara pilihan kita tergolong jauh (dan berdampak pada biaya perjalanan), pastikan juga bahwa gaji kita di tempat kerja nanti minimal bisa menutup semua pengeluaran kita alias break even point (atau paling tidak mengurangi). Buatlah daftar TN yang kita sasar, kirim imel ke setiap manajer TN, nyatakan bahwa kita tertarik dengan TN-nya dan minta informasi lebih terperinci. Jangan hanya mengirim ke satu TN, tapi kirim ke sebanyak-banyaknya!

Pertimbangkan juga soal waktu: apakah persiapan kita cukup dengan waktu internship? Apakah cukup waktu untuk mengurus visa (atau paspor bagi yang belum punya)? Bagaimana dengan dana? Well, untuk yang satu ini, suka tidak suka memang harus merogoh kocek sendiri. Minta/pinjam ortu, pakde, om, tante, menggadaikan motor, bekerja, cari proyek, dsb. Banyak cara. Yang jelas, hampir tidak ada institusi resmi yang mau menanggung biaya perjalananmu. Kecuali bosnya bapakmu sendiri (iya dong, emangnya situ siapa?). Karena itu, dibutuhkan kelihaian manajemen dana dan waktu di sini. Tidak perlu terburu-buru mendapatkan TN, pilih yang durasinya pas dengan waktu yang kita punya. Saya saja harus menunggu sampai setahun untuk bisa benar-benar matched. Sebelum itu, sudah banyak tawaran dari beberapa negara seperti India, Venezuela, dan Turki. TN Taker dari Turki bahkan menelepon saya langsung dari sana, tapi gara-gara manajer TN dari AIESEC sana tidak becus mengurus, internship pun batal.

2. Apa saja yang harus ditanyakan kepada manajer TN? Banyak sekali, di antaranya: akomodasi, gaji, bahasa, budaya, kurs harga-harga kebutuhan pokok, suhu udara, binatu (seandainya tidak ada mesin cuci di tempat tinggal kita), ongkos-ongkos transportasi (dalam dan luar kota, sendainya kita mau jalan-jalan), dan berbagai fasilitas lain yang ditawarkan oleh local committee/LC sana (misalnya: kupon makan dan nonton bioskop gratis, atau kursus bahasa negara itu. Dulu saya di Ukraina juga diajari bahasa Rusia, walau cuma informal sama anak AIESEC juga). Lakukan juga riset kecil tentang negara yang akan kita datangi. Ini ada imel dari OCP LC Dnipropetrovsk di Ukraina pada masa-masa awal engagement (ini sih istilah saya sendiri) :

Date: Mon, 1 Oct 2007 23:22:49 +0300
From: “Anastasiya Belous” 
To: “Indradya SP”
Subject: Re: From Indra-Indonesia

Hello again=) something is wrong with my internet connection-I cannot be there=( so, how are you doing I am very surprised:you even know about Shevchenko!!!wow!football(soccer) fan???=))) we are fond of it too here=))
I’ve sent your CV to our managers and tomorrow they will give me an answer! the begining of December is really perfect!!!I can manage our time and I am sure that it will be good for both of us if you come in this time. but for how long can you stay in Ukraine?
a little bit about our project: it is ET project “English Marathon”.we made it (actually it will be the 3d time we provide it) because we want our children/adults to improve the quality of their English language..because of this we provide a lot of Discussion Clubs and conferences there…I think it is really great…I hope,cause I am OCP,hahaha=) there were a lot of trainees from the whole world!Just one month ago there was a girl from Singapore-Diana Dawidson (former LCP).we like her so much!!!!!!!!!!!and now there are trainees from Switzerland,Canada,Colombia and India..

You don’t have to pay for your appartments-we will find some flat for you and your TN taker will pay for it.
you’ll receive your salary (min 300$,it is OK for our country=) and work 20 hours per week but if it will be OK for you to work more you’ll receive more per month…it is up to you=)))
another benefits:
we have some good partners.And among them:
1.a restaurant of ukrainian food (it is very tasty,believe me),where all trainees can be at the weekends 3 times per day
2.a cinema (English cinema)that trainees can visit for free every Friday
3.coffee-cafe where you can drink tea/coffee for free every sunday
4.tour agency that provide 1 free trip in Ukraine…
I hope it is not bad=)))
if to say about methods at school:you can make your own programme of the lessons and you can choose with what group you want to work (children 6-14 or 14-17 years old).There are also a lot of methodological materials in the school that you can use. also you’ll have your personal workplace, access to enternet and cellphone so you can easy to be in contact with everyone. At the school (where I want you to work) you’ll have free breakfast and lunch. believe me you will be full for the whole day=)
we have one guy from Canada now…when he came we were surprised how much he ate…we were afraid that it would be not enough for him but he said that so much he even didn’t eat at home,hahaha=)
so it will be OK with the school also,we use to make a lot of parties,Global Villages and so on for our trainees…I can give you e-mails of some our trainees and you can ask them too…
I hope I gave you answers on your questions…If you have more-just ask me!!!!=)))
hope to speak with you tomorrow!
bye
Anastasiya

Bahasa Inggrisnya tidak terlalu bagus ya? Hehehe…jadi, pede ajalah! Tentu saja akan lebih baik kalau bahasa Inggris kita mantap. Mungkin saya sedang beruntung waktu itu, karena saya ditawari untuk mengajar bahasa Inggris lagi pada sore/malam harinya. Ini dia imel keberuntungan itu:

Date: Tue, 2 Oct 2007 14:22:40 +0300
From: “Anastasiya Belous”
To: “Indradya SP”
Subject: Re: From Indra-Indonesia
wwwooowww!!!
our TN taker agreed to employ you!!
they like your CV and hope that you’ll show good performance toward the students…
but the only one their ask is that you have to prepare your Educational plan.
you will work with the students from14 to 17 years old.OK?
and even more:your salary will be higher that I said you before.It will be 300$ and if you want you can work additional hours at another school at the evnings and earn additional 250-300$.
it is OK for us if at first you’ll arrive till the end of May…it is very good=)

tonight we will add this TN form to Insight.
I’ll send you it.and if you really decided to arrive you can match it.
Is it OK for you? or you have more questions to me?
so,I’ll send you our TN form and if you can you can put it on match tonight.
you have to cheack up your embassy website and say me what do you need for visa.
and ATTENTION: you don’t need Working visa.you have to apply for Student or Science visa…
about it we can speak later!!!
oh I am so happy if you’ll arrive!!!!=))))
wait for your answer!!!
bye

3. Kalau kita tidak punya cukup biaya untuk pergi ke negara-negara yang jauh, realistis saja: cari yang dekat-dekat, seperti negara-negara di Asia Tenggara, Asia Timur, atau Australia. Jangan lupa tadi itu: apakah gajinya mampu menutupi biaya pengeluaran kita (minimal biaya tiket pesawat). Saran saya: coba cari internship yang durasi waktunya cukup lama, antara 6-12 bulan, kalau memang memungkinkan. Itu bagus untuk menguji kekuatan mental dan fisik kita tinggal dan bekerja di negeri lain.

4. Bagi yang memilih bidang Development Traineeship (DT), terimalah fakta bahwa di bidang ini kepedulian dan keterampilan sosial kita lebih dituntut daripada soal gaji. Biasanya TN Taker (yang kebanyakan NGO) hanya menyediakan akomodasi, gaji tidak pernah lebih dari US$ 100, itu sudah termasuk besar. Lebih banyak TN yang tidak menggaji. Dulu, saya resminya memang ‘terdaftar’ di bidang ini. Tapi setelah berhitung-hitung dan pikir-pikir lagi, saya memutuskan banting setir dan pindah ke bidang Education Traineeship (ET) dan mulai mencari-cari tawaran pekerjaan di TN Taker List sebagai guru bahasa Inggris. Toh saya mampu. Latar belakang pendidikan saya yang Sastra Perancis UGM ‘hanya’ memungkinkan saya memilih bidang ET dan DT. MT dan TT jelas tidak mungkin. Biasanya untuk bidang ET ini kita dituntut punya pengalaman mengajar.

Jangan lupa juga: pastikan bahasa Inggris kita memang keren punya dan bebas aksen, soalnya ada kemungkinan kita akan diwawancara via sambungan telepon internasional atau Skype. Jadi bagi kalian yang medhok, yah wallahualam. Untungnya, dulu saya sempat dapat pekerjaan sebagai guru bahasa Indonesia untuk orang asing di Berlitz Language Center, Jakarta. Jadi selain dapat pengalaman mengajar (juga gaji untuk menambah-nambah biaya keberangkatan), saya juga punya kesempatan membiasakan diri berbahasa Inggris dengan para bule guru bahasa di sana.

5. Bagi yang memilih bidang Technical (TT) atau Management (MT), bergembiralah. Bidang-bidang ini menjanjikan uang yang cukup. Sebenarnya, ET juga kok. Tapi jangan lupa, bukan uang yang jadi tujuan utama kita. Saya membicarakan uang dan gaji di sini dengan maksud untuk meminimalkan pengeluaran kita untuk pulang pergi ke negara tujuan, itu saja. Anggap saja uang yang kita keluarkan itu adalah biaya yang harus kita bayar untuk “belajar tentang kehidupan”. Lebih baik mimpikanlah pengalaman tak ternilai tentang bekerja dan hidup di luar negeri, berinteraksi dan beradaptasi dengan budaya dan masyarakat yang belum pernah kita kenal sebelumnya. Di sini kita dituntut mempunyai kemandirian dan sedikit jiwa backpacker (supaya bisa foto-foto bareng cewek-cewek cantik seperti di atas…hehehe!)😛. Kisah hidup saya saat magang di Ukraina diceritakan secara berseri di blog ini dalam tulisan-tulisan berlabel Balada Ukraina.

– Indradya SP
Mantan trainee dari AIESEC LC Undip di Dnipropetrovsk, Ukraina (Januari-Juli 2008)

NB: Silakan tulis pertanyaan di bagian Comment kalau ada pertanyaan. Nanti akan saya jawab di blog JOS ini juga.

39 thoughts on “Tips Internship untuk AIESECer

  1. habibafi

    Halo Kak Indra, terima kasih atas artikel sharingnya, sangat bermanfaat sekali. Saya juga berencana ambil internship lewat AIESEC. Namun masih bimbang dengan beberapa pertimbangan. Apabila berkenan saya bisa minta email untuk bisa sharing lebih banyak dengan kakak.
    Terima kasih dan salam.
    Ocha

    Reply
  2. Mutyara B

    mas, boleh bagi id line atau apa gitu?? saya mau tanya2 nih, saya kan udah lulus interview nih, jadi mau pilih negaranya gitu, jadi mau tanya2 lebih lanjut mas~~ thanks ^^

    Reply
  3. Mahadman Gani

    Hallo mas, apakah boleh saya minta kontak mas indra, saya ingin bertanya lebih luas lagi mas, terima kasih

    Reply
    1. Indradya SP Post author

      Halo juga….di blog ada alamat FB sama Instagram saya. Kontak aja di situ ya🙂

      Reply
  4. intan

    Assalamualaikum, Wr. Wb
    Saya intan. Untuk mas indra, maaf saya ingin bertanya. Di bagian tulisan blog ini tercatat kalo mas indra mantan trainee dari aiesec undip, pdahal mas dr alumni ugm. Apakah dlm mengikuti program aiesec ini dari universitas mana saja boleh ikut serta? Lalu apakah di aiesec ada program bidang kesehatan?
    Mohon dijawab, trims~

    Reply
    1. Indradya SP Post author

      Seingat saya sih dulu nggak ada bidang kesehatan. Yang mendekati itu paling2 magang kerja di LSM, program2 sosial gitu deh. Kalo soal ikut program, boleh dari universitas mana aja selain dari LC cabang universitas itu.

      Reply
    1. Indradya SP Post author

      Waduh…harus cari dulu🙂 Mending tanya aja ke AIESEC, kan nanti pasti dibantuin🙂

      Reply
    1. Indradya SP Post author

      Batasnya kalo ga salah setahun. Dulu ga ada administrasi. Tiket pesawat ya tergantung negara tujuan dong.

      Reply
  5. iwan

    di tulisan akang mngatakan bahwa akang menunggu sampai stu tahun untuk fix internship. jadi kang setelah kita lulus tes kita bisa mnntukan sndiri kapan kita mw intrship? dalam arti kata sampai kita mnmukan intrnship yang cocok.bgtu ya kang?

    Reply
    1. Indradya SP Post author

      Semua sudah dijelaskan di artikel ini ya🙂 Kalo kita cocok tapi pihak sananya gak cocok gimana hayo?

      Reply
  6. permanahakim

    mas, setahu saya aiesec tidak memberi bantuan tiket pesawat pp dan akomodasi, trus masnya dulu utk beli tiket pesawat n akomodasi selama di polandia nyari dari sponsor atau dari mana?

    Reply
    1. Indradya SP Post author

      Sebenarnya jawaban dari pertanyaan2 itu udah dibahas di postingan ini. Coba cek lagi.

      Reply
      1. permanahakim

        ga ada mas, disono cuma diceritain tiba2 uda berangkat aja, ga nyeritain prepare buat dana kesana. trus apa bener kalo kesana kudu bawa min uang 25 jt?

        Reply
        1. Indradya SP Post author

          Di poin 5 kalimat terakhir itu kan udah saya tulis: Kisah hidup saya saat magang di Ukraina diceritakan secara berseri di blog ini dalam tulisan-tulisan berlabel Balada Ukraina. Ini saya kasih: https://indradya.wordpress.com/2012/01/17/balada-ukraina-1/.

          Di poin 1-3 itu ada saran2 utk cari modal sblm berangkat. Sesuaikan aja sama kreativitas sendiri. Kalo saya sih kerja dulu, dapet pengalaman dan duit. Berangkat pake duit sendiri.

          Makanya saya tulis di poin 1: Bagaimana dengan dana? Well, untuk yang satu ini, suka tidak suka memang harus merogoh kocek sendiri. Minta/pinjam ortu, pakde, om, tante, menggadaikan motor, bekerja, cari proyek, dsb. Banyak cara. Yang jelas, hampir tidak ada institusi resmi yang mau menanggung biaya perjalananmu.

          25 juta buat apa? Saya ke sana cuma bawa $500 di luar tiket. Lagian di sana jg digaji kan.

          Reply
  7. chameleonszone

    Hallo kaka, taun ini saya mau mencoba untuk ikutan aiesec nih. agak pesimis sih. cuma ya coba aja bismillah. boleh cerita ga dulu usahanya apa aja biar bisa lolos AIESEC hehehe, dan kalau taun ini ga lolos apa bisa coba taun depan ? makasih ^^ oia follow wordpressku ya😉

    Reply
  8. tiwi

    mau nanya, kalau kita gak kuliah yg udah ditentukan, apa masih bisa ikut program ini? misal saya kuliah di Palangkarayara atau Banjarmasin?

    Reply
    1. Indradya SP Post author

      Bisa aja. Kalo di kotamu ga ada cabangnya, ikut ke kota terdekat aja. Dulu saya kuliah di Jogja, tapi ikutnya ke Semarang🙂

      Reply
  9. noritaafridiana

    mantaaph banget bang tips’nya…😀
    oya..bagi tips dong buat nyari internship buat yg udah setaun lulus S1..soalnya kan rata2 pada blom lulus yg banyak dicari…mkash..🙂

    Reply
    1. Indradya SP Post author

      Bisa, tapi nggak masuk di struktur organisasinya (bukan anggota). Paling kamu ikutan internship-nya aja alias magang kerja di luar negeri🙂

      Reply
  10. ntsh

    Halo Mas Indra, saya adlh anggota AIESEC LC bandung, dan summer ini (Juli-Agustus) saya akan exchange ke AIESEC LC Dnipropetrovsk. Saya ingin minta tips2 Mas Indra terutama utk masalah transportasi, makanan, cuaca, budaya, & terutama sifat2 org Ukraina supaya pas exchange nanti saya gak blank bgt ttg Ukraine hehe terimakasih mas🙂

    Reply
    1. Indradya SP Post author

      Kalo Juli-Agustus sih cuaca hangat, 20-30 derajat Celcius deh. Transportasi murah kok, naik trem atau angkot (marshrutka). Bawa USD aja yg banyak, gak bisa beli mata uang Ukraina di sini karena emang ga ada. Kalo anak2 AIESEC sih rata2 baik dan mau bantu. Dari sekarang coba kamu banyak2 tanya ke mereka. Nanti pas berangkat jangan lupa bawa oleh2, misalnya dompet koin motif batik, beli di sekitar Pasar Baru, 100 dompet cm 50rb. Bawa juga mie instan dan krupuk, ntar pas Global Party (pesta penyambutan trainee baru) masak krupuk aja sama Indomie, mereka pasti seneng🙂 Info lain baca aja tulisan saya Balada Ukraina (blm lengkap sih).

      Reply
  11. Winda M.

    halo mas, saya mau tanya karena juga tertarik untuk ikut program internshipnya AIESEC?
    bagaimana cara untuk mendaftar AIESEC? saya dari Jogja, apakah pendaftaran di buka setiap waktu?
    syarat2 menjadi anggota AIESEC apa saja ya?
    thank u🙂

    Reply
  12. Ayu

    halo mas indra, saya tertarik untuk ikut program internshipnya AIESEC. kalau ke uk, kira2 estimasi biaya yang dibutuhkan berapa ya? hehe

    Reply
    1. Indradya SP Post author

      Wah, ya blm bisa diestimasikan dong. Udah keterima internship blm? Kalo udah, gimana job desc dan apakah ada gajinya? Kalo ada gaji, itu bisa utk menutup biaya awal kita. Lebih jelasnya harus tanya ke LC AIESEC cabang kota/negara yg akan kamu kunjungi.

      Reply

Leave a Reply

