Norak-Norak Bergembira: Buku “Saya” Akhirnya Terbit!

 

Akhirnya, setelah selama ini nama saya hanya tercetak di bagian dalam buku sebagai editor atau penerjemah, sekarang nama saya tercetak di sampul buku.🙂 Bukunya berjudul Norak-Norak Bergembira: Catatan Traveling Penulis Gokil. Ini adalah kumpulan tulisan (antologi) orang-orang yang punya pengalaman konyol saat berkunjung ke luar negeri. Memang bukan buku solo, sih, tapi lumayanlah buat permulaan.🙂 Di buku ini saya “ditemani” para penulis yang lebih senior, seperti Iwok Abqary, Ariyanto, Dewi “Dedew” Rieka, dll. Di buku setebal 184 halaman ini saya dapat jatah 30-an halaman, dan ditempatkan sebagai cerita kedua. Diterbitkan di bawah brand Pastel Books milik Mizan.

Ceritanya, beberapa bulan lalu saya mengetahui bahwa Mizan sedang membuat buku kumpulan tulisan tentang traveling ini. Saya pun iseng-iseng menawarkan tulisan (yang belum ditulis). Dua hari tidak penuh saya sibuk nyicil tulisan, mengedit sana-sini, menyesuaikan dengan syarat 10 halaman Word yang diminta. Setelah hasil akhirnya dirasa cukupan, plus setelah test case ke seorang teman editor yang katanya ketawa-ketawa baca cerita saya, saya jadi pe-de buat nyerahin tulisan. Berhubung saya juga nggak biasa nulis pendek, setelah potong sana-sini hasil akhirnya jadi 12 halaman…hehe! Untunglah tulisan saya diterima.

Sebenarnya menulis dengan gaya konyol bukan gaya saya. Saya menulis seperti itu juga karena tuntutan tema bukunya, yaitu cerita-cerita traveling yang ditulis dengan gaya ringan dan konyol. Apalagi saya nggak jago dan nggak biasa menulis pakai bahasa Betawi (lo-gue). Pokoknya, menulis dengan gaya itu bukan gaya saya. Judul bukunya aja Norak-Norak Bergembira (!). Yang penting terbit dulu deh…hehe!

Di buku ini saya nyumbang tulisan tentang perjalanan saya ke Ukraina. Waktu itu saya lagi menjelang lulus kuliah, dan lagi kepengen banget jalan-jalan ke luar negeri setelah lama absen backpacking. Akhirnya saya dapat kesempatan magang kerja di negara yang sekarang jadi tuan rumah Euro 2012 itu. Ceritanya, nyamar jadi guru biar bisa jalan-jalan ke luar negeri!🙂

Tentunya banyak pengalaman yang bisa saya ceritakan, namun berhubung hanya dijatah sekian halaman, saya harus menyunat cerita ini-itu. Sebenarnya saya juga lagi nulis versi solo cerita saya selama tinggal di Ukraina itu, tapi sudah empat tahun baru selesai seperempat dari yang saya targetkan. Payah!😛

“Horee….bukunya dah terbit!”

Tapi setidaknya setelah sekarang nama saya muncul di sampul buku, ada “bahan bakar” buat saya untuk segera menyelesaikan versi buku memoar yang lebih tebal. Tulisan yang sedang saya selesaikan itu bakal jauh berbeda gayanya dibandingkan dengan buku yang sekarang. Lebih tebal dan sok serius (!). Untuk sementara, baca yang “norak” ini dulu yaaa…. akhir Juni ini sudah ada di toko buku, dan harganya cuma Rp27.500, lho!😛

4 thoughts on “Norak-Norak Bergembira: Buku “Saya” Akhirnya Terbit!

  1. Pingback: Kuis “Norak-Norak Bergembira” Berhadiah Buku-Buku Mizan! | Jurnal Orang Susah

  2. dumasari

    asyekkk….aku dah ngebayangin nya aja dah ketawa-ketawa sendiri….salam kenal mas indra…sebagai penyuka jalan jalan aku wajib beli..thank u info nya

    Reply

Leave a Reply

