Nasi Bebek Pedas Khas Madura: Gurihnya Bikin Nagih!

warung

Memang benar ya, untuk mencari makanan-makanan enak mesti rajin inspeksi. Beberapa bulan lalu, saya nggak sengaja melihat warung tenda ini saat lewat di jalan masuk menuju Telkom University, Jl. Bojongsoang, Bandung. Waktu itu saya nggak tahu apa itu nasi bebek pedas khas madura. Tapi kok tampak menarik. Naluri saya mengatakan: COBAIN!

Belilah saya satu porsi buat dimakan di rumah. Soalnya, saya lihat warung ini sering ramai. Pembelinya kebanyakan adalah mahasiswa Telkom yang kos di sekitar situ. Bahkan saya pun disangka masih mahasiswa sama si penjual (!).🙂 Yang makan di tempat dan yang minta dibungkus hampir sama banyaknya.

Nasbek1Setelah saya memesan, si penjual langsung sigap meracik seporsi nasi bebek. Gerakannya tampak telaten dan hati-hati: menyendok nasi, serundeng, dan dua sendok sambal. Daging bebeknya ada dua macam: yang basah berkuah dan yang kering. Untuk setiap porsi, si penjual memberi masing-masing sepotong daging bebek yang basah dan kering. Sentuhan terakhir, nasi bebeknya diguyur beberapa sendok kuah semur yang kental dan gurih. Kalau sambal, serundeng, dan kuahnya kurang banyak, minta tambah saja.🙂

Awalnya, saya sempat ketawa karena dua potong daging bebeknya kecil-kecil. Tapi mengingat harganya cuma Rp 13 ribu per porsi, belum lagi target pembelinya yang mahasiswa, saya cuma bisa maklum. Bisa saja sih kalau mau nambah daging bebeknya, tapi ya harus bayar lebih.🙂 Tapi kita boleh pilih bagian bebek yang mana saja: dada, paha, kaki, atau ati ampela.

Ini makan di warungnya. Kalo dibungkus, kayaknya nasinya lebih banyak deh :)

Ini makan di warungnya. Kalo dibungkus, kayaknya nasinya lebih banyak deh🙂

Saya benar-benar nggak salah pilih. Gurihnya bikin nagih! Daging bebeknya terasa cukup lembut, dengan rasa yang gurih meresap hingga ke dalam. Cukup empuk dan mudah lepas dari tulang. Agaknya memang diungkep lama hingga teksturnya lebih lunak dan bumbunya meresap.

Rasa pedas sambal yang nendang berpadu dengan serundeng yang terasa meleleh di lidah. Dilahap bersama sepiring nasi yang porsinya banyak dan masih hangat mengepul. Rasanya pedas menggigit dengan rasa yang gurih nikmat. Huahh, puedess! Keringat bercucuran, mulut mendesis, tapi nggak bisa berhenti! :)

Mungkin lebih mantap lagi kalau si penjual menambahkan potongan timun dan taburan bawang goreng. Saya sendiri belakangan lebih suka beli dibungkus, dan di rumah saya tambahkan telur dadar atau tahu dan tempe.

Nasbek4

Kalau makan di rumah, nasi bebeknya ditambahin telor.😛

Besok-besoknya, saya jadi makin sering beli, terutama di akhir pekan. Si penjual buka dari jam 08.30 pagi, dan biasanya jam 14.00 sudah habis. Beli 1-2 bungkus, lalu ditambah lauk lain di rumah, terus makan sambil baca koran. Joss gandosss![]

22 thoughts on “Nasi Bebek Pedas Khas Madura: Gurihnya Bikin Nagih!

  1. bebek baris phitu

    Bebek sambal hitam khas madura dijogja di puluhdadi no.427 timur kampus UPN jogja (ringroad utara)

    Yukk sehera kesini…

    Reply
  2. ryanapr

    udah mulai banyak di jual di jakarta, dan rasanya memang tob markotob… pedes nya bikin kepala nyoss, gerah sampe ngocorr keringet.. hehehehe, ane seminggu sekali pasti beli nasi bebek langganan ane di daerah pulogadung, nasi bebek bu dewi.. pedes nya nampol bgt deh… sepertinya bakal jadi makanan trend utk semua orang nih gan sebentar lagi…

    Reply
  3. mput

    Dulu ku di jkt pecinta nasi bebek, skrg lg hamil kepingin nasi bebek jkt, tp setelah tau ada d bandung yg enak jg..thank’s untuk infonya jd gak usah jauh” k jkt..

    Reply
  4. firman

    yg paling enak nasi bebek di stt telkom di gerbang ke tiga,,namanya bebek happy 14,baru pertama ngerasaain nasi bebek khas madura yg rasanya mantavvv,, sambelnya pollll,,bumbu hitamnya sedapppp,,, tapi antrinya itu lohh yg banyakk,,, klo mau harus liat sikon belinya..

    Reply
  5. kiki

    Nasi bebek disitu emang enak, tp di bandung bukan cuma dkt kampus stt telkom yg ada nasi bebek madura, di jl gardujati juga ada bukanya sore sampe malem, tempatnya samping optik modern namanya bebek happy, dagingnya empuk, bumbu hitamnya maknyos sambelnya jg mantapp, aku biasa beli disitu soalnya rasanya nagih bangett

    Reply
  6. Kristianus Kurnia

    Bro, lokasi tepatnya dimana ya? gw cari2 ini bebek di Bandung akhirnya ada titik cerah, wkwkkwkw…
    Dulu gw tinggal di jaksel, banyak yang jual nasi bebek madura ini, dan tiap hari gw beli, gila bumbunya itu nendang banget, favorit banget.

    Tolong infonya bro, spesifiknya dimananya Telkom? gw kangen banget nih sama nasi bebek ini.

    Thanx bro

    Reply
        1. Indradya SP Post author

          Biasanya kalo abis Lebaran suka gitu dia, ngilang lama. Kalo mau, ada sodaranya jualan nasi bebek jg, di sebelah Hokben Buahbatu, tapi bukanya abis magrib…

          Reply
    1. Indradya SP Post author

      Enak lho…itu namanya menggabungkan 2 passion (makan & baca). Daripada makan sambil nyetir motor😛

      Reply
      1. Rini Nurul Badariah

        Hehehe, jadi inget kata Stephen King: Reading at meals is considered rude in polite society, but if you expect to succeed as a writer, rudeness should be the second-to-least of your concerns.

        Reply

Leave a Reply

