Nan Lian Garden

Golden Pagoda di Nan Lian Garden, Hong Kong.

Golden Pagoda di Nan Lian Garden, Hong Kong.

Taman kota adalah salah satu tempat yang wajib saya kunjungi saat sedang jalan-jalan ke mana pun. Saat backpacking ke Hong Kong Oktober 2013 lalu, di hari terakhir sebelum pulang, saya menyempatkan diri main ke sebuah taman yang katanya cakep banget. Namanya Nan Lian Garden. Taman ini paling gampang dicapai menggunakan MTR. Turun di stasiun Diamond Hill, dilanjutkan dengan jalan kaki sekitar 200-an meter, kita akan dengan mudah melihat petunjuk jalan menuju Nan Lian.

Taman kota ini didesain dengan gaya arsitektur Dinasti Tang (Cina). Ada kolam besar dan air terjun buatan, dengan ikan koi besar-besar di kolamnya. Taman ini juga mempunyai koleksi tanaman bonsai dan batu-batu alam berbentuk aneh-aneh yang konon dikumpulkan dari seluruh penjuru daratan Cina.

Kolam besar dengan ikan koi gendut-gendut.

Kolam besar dengan ikan koi gendut-gendut.

Itu saja? Tunggu dulu. Nan Lian Garden ternyata bersambung dengan Biara Chi Lin (Chi Lin Nunnery). Kita cukup melintasi jembatan penyeberangan yang khusus menyatukan taman ini dengan area biara. Kompleks biara khusus biksuni tersebut dibangun tahun 1930-an. Konon konstruksinya didesain sedemikian rupa agar bangunan kayunya bertahan ribuan tahun. Selain itu, bangunan kayunya disambung-sambung tanpa menggunakan paku satu pun (!). Di halaman biara, terdapat beberapa kolam dengan bunga-bunga teratai (lotus) mengambang di permukaan air. Di kanan-kiri, terdapat beberapa ruangan berisi patung beberapa dewa. Sayang, dilarang memotret di area ini.

Tampak depan Chi Lin Nunnery.

Tampak depan Chi Lin Nunnery.

Saat itu, tampaknya hanya saya yang tidak bermata sipit di kompleks Buddhis itu. Turis bule pun tidak ada. Apakah tempat ini tak begitu dikenal turis yang datang ke Hong Kong? Selain turis Cina, ada beberapa warga lokal yang sedang bersembahyang. Beberapa biarawati berjalan mondar-mandir dengan tenang sambil merapalkan doa atau membawa buah dan beras sebagai persembahan kepada dewa-dewi. Suasana kompleks Buddha ini terasa menenangkan dan menyejukkan hati. Sesejuk suhu Hong Kong di pagi yang cerah itu—sekitar 25° Celcius.

Sungguh menakjubkan melihat atmosfer modern dan tradisional berpadu dalam harmoni. Seperti terlihat dalam foto di atas—pagoda berselimut warna emas dan merah, ditemani gedung-gedung pencakar langit dan perbukitan hijau nun di belakang sana.[]

Catatan: Postingan ini diikutsertakan dalam Turnamen Foto Perjalanan periode 36 bertema “Taman” dengan tuan rumah Buzzerbeezz. Berhubung saya udah dinyatakan kalah, foto di postingan ini saya tambahin untuk memuaskan pembaca JOS.🙂

5 thoughts on “Nan Lian Garden

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s