Barisan Para Mantan

Eiitss … tenaang. Saya nggak lagi ngomongin mantan pacar kok. Buat apa, lagian kalo itu sih … cuma dikit 😛 Saya ini lagi mau ngomongin bekas ponsel-ponsel saya dulu … hehehe!

Jadi, ceritanya, sudah bertahun-tahun saya doyan banget mantengin berita-berita soal gadget. Sekarang-sekarang, setiap hari saya selalu baca minimal Kompas Tekno atau Detik inet plus beberapa blog bertopik gadget. Belum lagi ratusan review tentang gadget di YouTube. Kebiasaan ini lama-lama berubah jadi keinginan gonta-ganti ponsel. Nah, cilaka kan?

Gara-gara itu saya jadi mengingat-ingat para mantan ponsel saya. Pertama kali pakai ponsel kalo nggak salah sekitar tahun 2002 atau 2003. Hingga hari ini, tercatat saya udah pakai 9 ponsel. Dikit ya? 🙂 Ah, zaman feature phone dulu emang bentuk ponsel jauh lebih variatif daripada sekarang. Kadang saya nyesel juga, ke mana ponsel-ponsel saya dulu, yang lucu-lucu itu … 🙂

Anehnya, hingga detik ini saya nggak pernah pakai merek-merek macam Nokia dan BlackBerry. Nggak tahu juga kenapa, pokoknya nggak tertarik. Nokia … wah, nanti ketuker sama punya temen-temen yang hampir semuanya pake Nokia. Mau beli Nokia yang bentuknya aneh-aneh, duitnya nggak ada. Mungkin tahun depan, saat Nokia kabarnya bakal merilis ponsel Android … 🙂

Soal BB … yah, saya nggak suka bentuknya, spesifikasi terbatas, jaringan sering bermasalah, sering ada broadcast yang hoax di BBM, dan minim inovasi. Plus, setelah nyobain BB temen, kok jari saya agak kegedean buat mencet-mencet tombolnya. Saya lebih suka tombol virtual malahan …. hehe! Apalagi, saat itu juga Android keluar. Ya jelas mending Android lah! Toh, akhirnya BB ngalah juga. Bentar lagi BB bakal merilis Priv, ponsel ber-OS Android … modyar kowe! Hahaha!

Inilah dia para mantan saya … termasuk yang terakhir yang saya pakai sekarang:

1. Motorola T190

T190

Ini ponsel pertama saya. Sebenarnya ini lungsuran dari ibu saya. Waktu dikasih, saya bahkan agak malas memakainya. Kartu SIM pertama saya IM3, pas beli dulu harganya muahal: Rp 150 ribu.

Awalnya saya dulu suka ngumpetin ponsel ini di tas pas masih kuliah. Nggak tau juga kenapa … hehehe! Tapi, di suatu perkuliahan umum yang sangat membosankan, akhirnya temen-temen saya pada mergokin juga pas saya lagi utak-atik ponsel ini.

Saya nggak ingat berapa lama saya megang T190. Yang jelas, suatu hari saya menjual ponsel ini ke teman om saya di Jogja seharga 300 ribu saja.

Menjelang dijual, saya baru tahu ponsel ini bisa disetel getar … hihi! 🙂

2. Sony Ericsson T310

SET310Lihat fotonya. Menggemaskan ya si T310 ini? hehehe 🙂

Dulu berasa keren banget punya ponsel ini. Compact dan tangguh.

Layarnya udah berwarna, dan saya demen banget main game golf persis seperti yang ada di foto ini.

Saya dulu punya warna biru seperti yang ada di foto ini.

3. Sony Ericsson Z600

sony_ericsson_z600_phoneInilah pertama kali saya jatuh cinta sama ponsel model clamshell alias flip (bisa dilipat) kayak gini.

Ponsel model begini memberikan rasa keren dan mewah kepada penggunanya, terutama saat membuka dan menutup cangkangnya … hahaha!

Seingat saya, Z600 ini memberika fitur suara polifonik saat membuka dan menutup ponsel. Jadi gimanaaa gitu … ihihi! 🙂 Untuk aksesoris, penutup bagian depan dan belakang ponsel ini bisa digonta-ganti dengan tutup berwarna/bermotif lain. Udah ada kamera juga, walau tentu zaman dulu masih kamera VGA.

4. Samsung C260

samsungC260

Berhubung Z600 saya mulai agak rusak, saya beli lagi ponsel baru. Masih model clamshell kesukaan saya, tapi yang ini lebih tipis dibanding Z600 yang montok.

C260 ini juga beruntung karena sempat saya bawa ke Ukraina … hahaha!

Entah kenapa ponsel jadul itu fisiknya rata-rata kuat. Jatuh puluhan kali juga nggak ngaruh sama performa. Paling-paling bodinya lecet doang.

Ponsel saya yang ini dulu jatuh di aspal terus tenggelam di salju juga nggak rusak. 🙂

5. Samsung E2510

samsung E2510

Wah wah … ternyata saya emang udah pake Samsung jauh sebelum smartphone Android lahir. 🙂 Model E2510 ini kalo nggak salah juga dijuluki “Piano”. Nggak tau juga sih apanya yang mirip piano.

Saya sempat punya ponsel model ini dua biji. Soalnya, yang pertama hilang entah ke mana, waktu saya habis ngajar bahasa Inggris. Mungkin jatuh dari kantong celana. Iya, dulu tiap habis pulang kantor saya ngajar bahasa Inggris malamnya, di satu kursus bahasa gitu deh. Beberapa hari kemudian, saya terpaksa beli lagi. Model dan warna yang sama persis. 😦

6. Samsung Galaxy Mini

galaxymini

Smartphone Android pertama saya. Ini dia versi mini pertama dari keluarga Samsung Galaxy S. Kalo nggak salah waktu beli dulu harganya Rp 1,5 juta.

Berhubung smartphone pertama, jelas ada pengalaman baru setelah sebelumnya hanya pakai feature phone. Browsing puas, main game puas, plus foto-foto. Dan … nggak perlu ikutan grup BBM kantor! 😛

7. Samsung Galaxy S III Mini

galaxySIIImini

Sepertinya saya nggak kuat beli ponsel seri Galaxy. Buktinya, lagi-lagi ini saya cuma beli versi mininya … wkwkwk! Gara-garanya, bos istri saya menang apa gitu, dapet hadiah ponsel ini. Dijual deh ke saya. Harganya lumayan, barunya 3 juta. Tapi karena boleh dicicil 6 bulan tanpa bunga ya saya ambil deh. 🙂

Baru-baru ini saya jual ke temen kantor beda kantor (he?). Lumayan deh bisa buat biaya bikin kusen jendela yang udah hampir habis dimakan rayap. 😛

8. Samsung Galaxy Grand 2 (Duos)

GalaxyGrand2

Baru juga setahun pakai S III Mini, saya naksir ponsel baru lagi deh. Samsul lagi, samsul lagi … haha! Tapi yang ini speknya naik dari sebelumnya lah.

Selain itu, saya pengen ngerasain ponsel berlayar gede juga sih. Yang ini layarnya 5,25 inci. Sisi atas-bawah memang agak lebar sih, jadi sedikit kurang nyaman digenggam kalau dibandingkan Vivo yang saya pakai sekarang. Dikit doang, sih.

Selebihnya nggak masalah. Medsos, foto-foto, lancar jaya.

9. Vivo X-Shot

xshotSetahun pakai Grand 2, lagi-lagi iman saya rontok. Inilah akibatnya kalo terlalu sering baca tabloid Pulsa dan Sinyal! Ditambah jalan-jalan ke BEC (Bandung Electronic Center), padahal niatnya cuma ke Gramedia … wkwkwk!

Sempat mengincar Asus Zenfone 2, Xiaomi Mi4, dan Lenovo P90, akhirnya saya menjatuhkan pilihan ke pocin (ponsel Cina) yang mereknya nggak terkenal di Indonesia ini. Itu mungkin juga karena merek lain yang saya cari lagi nggak ada stoknya.

Gara-gara saya oprekin nih pocin di konternya di BEC, saja jadi naksir. Speknya tinggi, bodinya putih tipis, frame metal, kameranya tajam dan kaya fitur, plus kualitas audionya oke banget. Udah gitu, belinya bisa bayar uang muka dulu, terus sisanya dicicil 12 bulan dengan bunga 0%! Walau harganya agak nganu, akhirnya April tahun ini saya boyong deh si kece satu ini. 🙂

Sebenarnya sih, saya juga udah banyak baca review dan nonton video review-nya di YouTube soal Vivo ini. Jadi saya nggak blank banget pas nyobain barangnya di konter. Sampai sekarang saya puas pakai Neng Vivi ini. 🙂

***

Nah, itulah barisan para mantan ponsel saya. Nggak ada jaminan juga sih tahun depan saya masih bertahan pakai Vivo X-Shot. Ponsel-ponsel sekarang spesifikasinya semakin tinggi, tapi harganya semakin terjangkau. Mereknya juga semakin banyak, apalagi ponsel-ponsel asal Cina yang bikin saya termehek-mehek.

Emang sih, banyak yang bilang beli ponsel sesuai kebutuhan aja. Tapi yah … mau gimana lagi … 🙂 []

8 thoughts on “Barisan Para Mantan

  1. Messa

    waah, yang nomor 1 itu henpon pertamaku juga mas. Dan sama, warisan dari nyokap juga 😀 kayaknya udah keren bangetlah dulu pakai si motorola ini 😀

    Reply
    1. Indradya SP Post author

      Sejak kapan kata “susah” harus diasosiasikan dengan urusan finansial? 😛 Contoh tuh para pemilih di pilpres 2014, pada susah move on 😛

      Reply

Leave a comment